Tidak Hanya Disiram, Begini Tips Umum Perawatan Harian Tanam…

Tanaman hias menjadi satu bagian dari hunian yang harus ada. Pasalnya, keberadaan tanaman hias tidak hanya berfungsi untuk mempercantik, melainkan juga sebagai pembersih polusi udara. Nah, bagi Anda yang memiliki tanaman hias, pastikan untuk simak suggestions umum perawatan harian tanaman hias di bawah ini ya!

Tips Umum Perawatan Harian Tanaman Hias

Cara merawat tanaman bunga secara rutin menjadi sangat penting Anda perhatikan karena menyiram saja tidak cukup membuatnya tetap subur. Mulai dari letak pencahayaan, kapan waktu penyiraman, dan masih banyak lagi.

Tips umum perawatan harian tanaman hias yang pertama yaitu kabut tanaman. Fungsi mengabutkan tanaman ini untuk meningkatkan kelembaban udara. Perawatan ini sangat cocok Anda lakukan, jika tinggal di daerah yang dingin dan tingkat kelembaban udara rendah.

Sebagian besar tanaman rumah, kecuali yang memiliki daun berbulu halus memperoleh manfaat dari pengabutan berupa gerimis. Sebagian lagi seperti pakis dan philodendron menjadi tumbuh subur dengan kelembaban hasil pengabutan.

Nah, sebelum mengaplikasikan ideas ini, pastikan dulu kelembaban udara di daerah Anda ya! Apakah sudah cukup baik atau perlu dilakukan pengabutan.

  1. Hilangkan daun mati

Cara merawat tanaman hias untuk pemula selanjutnya yaitu dengan rutin menghilangkan daun mati. Mungkin, Anda mengira bahwa aktivitas ini tidak ada gunanya. Padahal, menghilangkan daun-daun mati pada tanaman tidak hanya sekedar membuatnya terlihat lebih baik, namun juga mendorong pertumbuhan daun baru dan bunga.

Hati-hatilah saat melepas daun mati dari tanaman. Jika terasa sulit untuk dilepas, gunakan alat bantu gunting untuk memotongnya supaya batang tanaman tidak robek.

  1. Beri pupuk

Perlu Anda ketahui, jenis tanaman hias dan cara merawatnya bisa berbeda-beda lho! Salah satunya dari segi pemberian pupuk. Oleh karena itu, sebelum menentukan jenis tanaman hias yang akan Anda tanam, sebaiknya cari tahu dulu cara perawatannya.

Secara umum, tanaman hias memerlukan asupan nutrisi dari tanah untuk membantunya tumbuh dan berkembang. Inilah alasan mengapa Anda perlu memberikan pupuk secara berkala untuk mengisi kembali nutrisi yang diperlukan tanaman.

Cara pemberian pupuknya, encerkan pupuk terlebih dulu dan gunakan seperempat dari jumlah yang disarankan pada tag. Pemberian pupuk yang disarankan yaitu setiap satu hingga tiga bulan sekali untuk mendukung pertumbuhan terbaik.

  1. Bersihkan debu pada tanaman

Selanjutnya, bersihkan debu pada tanaman setiap hari. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Tidak hanya membantu daun tanaman supaya terlihat berkilau dan segar, membersihkan debu tanaman berpotensi membantunya supaya mendapatkan lebih banyak sinar matahari.

Selain itu, pembersihan debu juga memungkinkan Anda untuk menghilangkan hama apapun yang menempel pada tanaman. Nah, untuk mengantisipasi supaya daun tidak robek, gunakan kain basah lembut di bagian bawah daun setiap akan diseka debunya.

  1. Cek hama

Cara merawat tanaman hias exterior maupun interior berikutnya yaitu cek ada tidaknya hama. Apabila tanaman hias Anda yang sehat tiba-tiba layu dan nampak akan mati, mungkin sedang diserang oleh hama.

Hal ini dapat Anda ketahui saat membersihkan tanaman hias secara rutin. Perhatikan sekilas bagian atas dan bawah daun, adakah serangga yang menempel seperti kutu daun.

Menyiram tanaman hias secara teratur setiap pagi atau aching hari merupakan rutinitas harian yang tidak boleh Anda lewatkan. Siram atau semprot tanaman tersebut secukupnya saja, tidak terlalu banyak maupun sedikit.

Sebab, pemberian air yang terlalu banyak akan menyebabkan tanaman busuk hingga mati. Sebaliknya, terlalu sedikit air, tidak akan cukup memenuhi kebutuhan air tanaman tersebut.

  1. Pangkas tanaman secara berkala

Pernahkah Anda melihat tanaman hias yang tumbuh terlalu tinggi dan rimbun? Atau, justru Anda memilikinya? Jika iya, sebaiknya lakukan perawatan harian dengan memangkasnya secara berkala.

Selain menjaganya supaya tetap rapi dan sedap dipandang, memangkas tanaman hias rupanya juga bisa menjaga kesehatan tanaman lho! Misalnya, segera petik daun yang nampak layu dan menguning karena bisa menulari daun-daun disekitarnya.

  1. Pangkas rumput phony

Kondisi tanah yang lembab dan subur seringkali membuat rumput-rumput phony tumbuh dengan subur di sekitar tanaman hias. Jika demikian, tentu saja kemunculan rumput phony akan berdampak buruk dan mengganggu tanaman hias.

Tidak hanya sekedar mengganggu pemandangan, namun juga menghambat pertumbuhan tanaman hias. Sebab, nutrisi dan bahan makanan yang seharusnya diserap oleh tanaman hias, direbut oleh rumput phony.

Oleh karena itu, pastikan selalu pangkas rumput phony setiap hari untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman hias Anda.

Nah, itulah sejumlah suggestions umum perawatan harian tanaman hias yang harus selalu Anda terapkan. Mulai dari hal-hal sederhana hingga rutinitas yang mungkin Anda anggap sepele. Jika sebelumnya tidak sempat merawatnya, pastikan setelah ini luangkan waktu untuk melakukan perawatan harian ya!

.

Nah, bagi Anda yang memiliki tanaman hias, pastikan untuk simak pointers umum perawatan harian tanaman hias di bawah ini ya!

Tips umum perawatan harian tanaman hias yang pertama yaitu kabut tanaman. Tidak hanya membantu daun tanaman supaya terlihat berkilau dan segar, membersihkan debu tanaman berpotensi membantunya supaya mendapatkan lebih banyak sinar matahari.

Pernahkah Anda melihat tanaman hias yang tumbuh terlalu tinggi dan rimbun? Selain menjaganya supaya tetap rapi dan sedap dipandang, memangkas tanaman hias rupanya juga bisa menjaga kesehatan tanaman lho!

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *