Prospek Tanaman Hias 2023 dan Ide Bisnisnya

Majalah-bunga. com – Tanaman hias termasuk salah satu usaha rumahan yang mudah untuk dijalankan oleh banyak orang. Bahkan modal yang diperlukan untuk pengembangan usaha ini tidak membutuhkan jumlah besar.

Menariknya lagi ada banyak juga ide tanaman yang bisa dibudidayakan untuk usaha tersebut. Lantas bagaimana prospek tanaman hias 2023?
Prospek tanaman hias untuk tahun depan perlu dianalisa dari permintaan dari beberapa tahun sebelumnya. Menurut information BPS pada triwulan pertama di tahun 2020, produksi tanaman hias mencapai 342 juta computers.

Sedangkan jumlah tanaman hias yang di ekspor ke negara lain volumenya mencapai 4,1 juta kg. Dari information penjualan ekspor saja tanaman hias ini mampu menghasilkan omset hingga 1 milyar rupiah. Jumlah ini tentu sangat fantastik dan ke depan menurut Menteri Pertanian akan terus bertambah.

Dari information tersebut jelas jika prospek tanaman hias untuk tahun depan masih terbilang cerah dan menggiurkan. Sehingga bagi kamu yang ingin mendapatkan keuntungan lebih maka bisa mulai membudidayakan tanaman tersebut.

Namun sebelum memulai sebaiknya kamu perlu mengetahui terkait jenis tanaman apa saja yang prospeknya tinggi. Dengan demikian kamu bisa meraup keuntungan besar bahkan berpeluang untuk di ekspor ke luar negeri.

Ide Bisnis Tanaman Hias yang Potensinya Besar

Untuk kamu yang ingin menggeluti bisnis tanaman, berikut ide tanaman yang bisa dibudidayakan:

1. Kaktus Mini

Sesuai dengan namanya, kaktus mini tergolong jenis tanaman hias yang biasanya diletakkan di pot. Karena peletakannya di dalam pot maka tanaman ini cocok untuk usaha interior karena tidak butuh lahan yang luas.

Jenis tanaman ini juga sangat mudah dibudidayakan dan perawatannya mudah serta tidak butuh banyak air. Karena itu, kaktus banyak diminati oleh semua orang khususnya yang tinggal di location perkotaan.

Bahkan di beberapa daerah banyak juga kaktus mini yang proses penataan potnya dibuat estetik.
Untuk jenis tanaman hias yang direkomendasikan untuk dijual ke berbagai daerah adalah monstera. Dikatakan demikian karena jenis tanaman ini umumnya dijadikan dekorasi rumah untuk rumah bergaya minimalis. Karena itu harga jual dari tanaman ini tergolong tinggi.

Monstera memiliki banyak jenis yang bisa dipilih namun yang paling populer adalah janda bolong atau Monstera adansonii. Monstera jenis ini umumnya dijual dengan harga ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.
Aglaonema atau disebut aglaonema termasuk tanaman dari suku Araceae. Jenis tanaman ini dapat ditemukan di tumbuhan talas-talasan dan memiliki sedikitnya 30 spesies aglaonema. Dari beberapa spesies ini juga memiliki beberapa varietas yang berbeda.

Namun dari jenis lain yang cukup populer dan banyak dicari adalah aglonema lipstik dan dona carmen. Jenis tanaman ini dari segi harganya sangat terjangkau karena hanya dijual 50 ribu rupiah.

Jika kamu ingin menjual di location perkotaan atau yang ekonomi tinggi maka bisa menjual aglaonema suksom atau red Sumatra.
Anggrek termasuk tanaman yang bisa terbilang bukan hal baru dan banyak dipelihara di berbagai wilayah. Umumnya bunga ini selalu identik dengan harganya yang mahal karena tergolong unik.

Harga mahalnya anggrek sebenarnya tergantung jenis karena ada yang dijual puluhan ribu hingga ratusan juta. Semakin unik dan langka jenis dari bunga tersebut maka harganya word play here semakin mahal.

Namun beberapa bunga anggrek yang cukup populer di Indonesia seperti anggrek bulan, selop, kebutan, rebu dan yang lainnya.
Seperti halnya anggrek, bunga mawar juga sudah ada di berbagai wilayah dan sering dijadikan tanaman hias. Bunga ini dipilih sebagai tanaman hias karena kecantikannya yang tidak dimiliki oleh bunga lain.

Karena itu tidak heran jika bunga ini hingga kini masih diminati oleh banyak orang sehingga cocok untuk dibudidayakan. Untuk menjual bunga ini bisa diletakkan di pot atau dalam bentuk arrangement.

Bunga mawar yang cukup populer adalah mawar groundcover, polyantha, bourbon dan yang lainnya. Kamu bisa memilih dari ketiga jenis tersebut dan jika dananya mencukupi bisa memilih yang paling mahal.

Jadi prospek tanaman hias 2023 ini masih sangat besar dengan daya jual yang masih tinggi. Dari information yang ada, jumlah tanaman hias yang dijual setiap tahunnya selalu bertambah.

Tidak hanya itu ide bisnis dari tanaman hias juga cukup beragam sehingga kamu bisa memilih mana yang harga jualnya tinggi. Pastikan kamu mengetahui perawatan dari tanaman tersebut agar proses budidayanya berhasil.

.

Menariknya lagi ada banyak juga ide tanaman yang bisa dibudidayakan untuk usaha tersebut. Sedangkan jumlah tanaman hias yang di ekspor ke negara lain volumenya mencapai 4,1 juta kg. Namun sebelum memulai sebaiknya kamu perlu mengetahui terkait jenis tanaman apa saja yang prospeknya tinggi. Untuk jenis tanaman hias yang direkomendasikan untuk dijual ke berbagai daerah adalah monstera. Jenis tanaman ini dapat ditemukan di tumbuhan talas-talasan dan memiliki sedikitnya 30 spesies aglaonema.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *