Berikut Cara Budidaya Tanaman Kaktus Dengan Mudah – Kaktus m…

Table of contents: [Hide] [Show]

Berikut Cara Budidaya Tanaman Kaktus Dengan Mudah
– Kaktus merupakan nama dari anggota tumbuhan berbunga yang berasal dari Tanaman berduri. Tanaman kaktus dapat tumbuh tanpa air dalam waktu yang lama. Tanaman kaktus memiliki akar yang panjang dan berfungsi untuk mencari air dan memperlebar medan penyerapan air dalam tanah, air yang sudah diserap akar kemudian akan di simpan dalam batang.

Tanaman kaktus termasuk dalam tanaman sekulen karena dapat menyimpan kandungan air di batangnya, bentuk batang kaktus bervariasi, kaktus dapat tumbuh panjang tanpa air, dan kaktus memiliki daun yang mengubah bentuknya menjadi duri, sehingga mengurangi penguapan air dari daunnya. Oleh karena itu dalam artikel ini akan membahas tentang Cara Budidaya Tanaman Kaktus.

Berikut Cara Budidaya Tanaman Kaktus

Terdapat berbagai jenis kaktus mulai yang berukuran sangat kecil hingga berukuran tinggi, ada yang berduri tanpa bunga dan ada yang berbunga tanpa duri. Karena hal tersebut, banyak orang kini menanam kaktus ini untuk tanaman hias dirumah. Ciri-ciri benih kaktus ini termasuk dalam kelompok benih yang sukar untuk mematahkan dormansi.

Banyak yang bisa dilakukan untuk mematahkan dormansi. Tanah yang dikomposkan juga akan dimasukkan sebagai nutrisi untuk kaktus. Media harus siap untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan kaktus.

Komposisinya harus disesuaikan dengan karakteristik media asal kaktus yang tumbuh di tanah kering dan sedikit mengandung air. Bibit kaktus yang perlu disiapkan harus berumur satu tahun dan memiliki panjang tanaman 4-5 centimeters. Kaktus yang dipilih bisa dari varietas dan spesies yang berbeda sesuai kebutuhan.

Jika Anda ingin membudidayakan untuk tujuan komersial, lebih baik memilih varietas dan jenis dengan harga jual tinggi daripada mengetahui permintaan pasar untuk jenis atau varietas kaktus yang ditanam. Bagi Anda yang ingin mempraktekkan budidaya kaktus harus mengetahui jenis dan varietas yang ada. Penyetekan Tanaman Kaktus

Penyetekan tanaman kaktus sebaiknya dilakukan pada umur yang tidak terlalu tua maupun terlalu muda.

Untuk menghindari pemotongan pada potongan sebelumnya, sehingga tanaman induk biasanya menumbuhkan tunas baru. Tunas siap untuk tumbuh kembali menjadi bibit di stek baru.

Para pecinta budidaya kaktus menjadikan penyambungan sebagai langkah modifikasi. Dalam teknik penyambungan ini dihasilkan dua jenis tanaman, yaitu dua tanaman kaktus yang berbeda.

Di sisi batang yang terluka, permukaannya mengering. Proses ini kemudian membuat benih siap untuk dipindahkan dan siap ditanam di media tanam. Meskipun tanaman kaktus merupakan tanaman yang tidak membutuhkan air, tanaman kaktus tetap perlu dilakukan penyiraman.

Selain penjelasan diatas ada fakta menarik, Kaktus adalah jenis tanaman yang dapat menyimpan sejumlah besar air dan bertahan hidup di environment yang sangat panas dan kering. Ada sekitar 2.000 spesies yang berbeda dari kaktus yang berbeda dalam ukuran, bentuk, warna dan jenis environment.

Hampir semua kaktus adalah tanaman asli padang pasir dan daerah kering. Selama pengumpulan dan hilangnya environment merupakan ancaman utama bagi kelangsungan hidup kaktus di alam phony.

Tanaman kaktus memiliki akar yang panjang dan berfungsi untuk mencari air dan memperlebar medan penyerapan air dalam tanah, air yang sudah diserap akar kemudian akan di simpan dalam batang.

Tanaman kaktus termasuk dalam tanaman sekulen karena dapat menyimpan kandungan air di batangnya, bentuk batang kaktus bervariasi, kaktus dapat tumbuh panjang tanpa air, dan kaktus memiliki daun yang mengubah bentuknya menjadi duri, sehingga mengurangi penguapan air dari daunnya. Terdapat berbagai jenis kaktus mulai yang berukuran sangat kecil hingga berukuran tinggi, ada yang berduri tanpa bunga dan ada yang berbunga tanpa duri. Bagi Anda yang ingin mempraktekkan budidaya kaktus harus mengetahui jenis dan varietas yang ada. Meskipun tanaman kaktus merupakan tanaman yang tidak membutuhkan air, tanaman kaktus tetap perlu dilakukan penyiraman.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *