Bagaimana Cara Merawat Tanaman Hias Di Sekolah Yang Tepat, I…

Table of contents: [Hide] [Show]

Majalah-bunga. Hal ini juga berlaku untuk tata tertib merawat tanaman hias yang ada di sekolah supaya tetap bertahan hidup.
Tak perlu berlama-lama lagi, berikut pointers yang bisa Anda terapkan dalam hal merawat tanaman hias di lingkungan sekolah:

1. Perhatikan Asupan Cahaya Mataharinya

Langkah pertama yang wajib Anda perhatikan yaitu dengan mengetahui kebutuhan asupan cahaya matahari setiap tanaman hias. Sebab, kebutuhan cahaya matahari tanaman hias yang berada di dalam maupun luar ruangan mempunyai kadar yang berbeda. Umumnya tanaman hias interior lebih suka cahaya matahari yang teduh dan tidak terkena paparannya secara langsung sehingga bisa tetap hidup.

Apabila cahaya matahari terlalu banyak maka lebih baik gunakan tirai untuk melindungi tanaman hias tadi. Lain halnya dengan jenis tanaman hias exterior yang membutuhkan asupan cahaya matahari yang jauh lebih banyak.
Proses penyiraman merupakan tahapan yang begitu penting agar tanaman hias tetap bertahan hidup. Namun Anda juga harus memperhatikan jenis tanaman, media tanam, hingga cuacanya terlebih dahulu sebelum melakukan proses penyiraman.

Jika Anda sembarangan menyirami tanaman hias tadi maka bukan tidak mungkin jika akan mati karena kurang memahami kadar air yang dibutuhkan.

Sirami tanaman hias sesuai kebutuhan, jika terlihat kering dan juga layu maka segera beri air supaya tidak mati.
Sebenarnya setiap tanaman hias mempunyai kondisi atau daya tahan yang berbeda sehingga tidak selalu tahan terhadap segala macam cuaca. Untuk itu Anda harus tetap menjaga suhu lingkungan di dalam ruang sekolah supaya tetap stabil.

Poin yang tak kalah penting ketika melakukan perawatan tanaman hias yaitu masalah kelembapannya. Jangan biarkan tanaman hias yang Anda pelihara di sekolah menjadi layu maupun kurang subur.
Meskipun hanya berupa tanaman hias di sekolah, namun Anda juga harus tetap merawatnya supaya tetap bertahan hidup dengan cara memberinya pupuk. Mengingat tanaman hias juga membutuhkan makanan tambahan dan juga vitamin supaya bisa lebih subur. Tanpa disadari gizi yang ada di dalam tanah ternyata bisa berkurang dengan sendirinya sehingga akan berpengaruh pada proses pertumbuhan tanaman hias nantinya.

Supaya gizi tanaman hias Anda terpenuhi maka lakukan pemupukan secara berkala setidaknya selama satu kali dalam seminggu. Pastikan takaran pupuk yang diberikan juga tepat, jangan sampai berlebihan karena akan mengganggu tumbuh kembangnya.
Agar tanaman hias di dalam maupun luar sekolah tampak indah maka jangan lupa untuk memangkas rumput liarnya. Biasanya rumput phony kerap tumbuh di sekitar tanaman hias sehingga wajib dibersihkan supaya tidak mengurangi kebutuhan nutrisi maupun bahan makanan yang diserapnya.

Bentuk rumput phony yang dimaksud umumnya bisa berupa parasit maupun benalu yang bisa menghambat pertumbuhannya. Anda harus rutin membersihkan rumput phony karena proses pertumbuhannya begitu cepat sehingga jangan biarkan hal tersebut mengganggunya.

Apabila ada bagian tubuh tanaman hias yang tidak berfungsi seperti halnya dedaunan kering hingga batang yang mengeras maupun menguning, Anda wajib memangkasnya. Proses pemangkasan pada tanaman hias juga perlu dilakukan demi menjaga kestabilan pertumbuhannya.

Selain itu, proses ini juga berguna untuk menghindari terjadinya berbagai macam hambatan bagian yang tak berfungsi secara ideal.
Anda harus tahu bahwa tanaman hias juga berpotensi dirusak oleh serangan hama, untuk itu jangan sampai lengah. Cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk melindungi tanaman hias dari serangan hama yaitu dengan memberikan nutrisi yang tepat baginya. Selain itu Anda juga harus selalu menjaga kualitas media tanamnya hingga menjaga kebersihannya.

Demikian ulasan artikel mengenai cara merawat tanaman hias di sekolah sehingga bisa langsung Anda praktekkan sekarang juga. Jangan sampai tanaman hias di sekolah Anda mati karena perawatan yang kurang optimum ya!

Hal ini juga berlaku untuk tata tertib merawat tanaman hias yang ada di sekolah supaya tetap bertahan hidup. Lain halnya dengan jenis tanaman hias exterior yang membutuhkan asupan cahaya matahari yang jauh lebih banyak. Jangan biarkan tanaman hias yang Anda pelihara di sekolah menjadi layu maupun kurang subur. Tanpa disadari gizi yang ada di dalam tanah ternyata bisa berkurang dengan sendirinya sehingga akan berpengaruh pada proses pertumbuhan tanaman hias nantinya.

Cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk melindungi tanaman hias dari serangan hama yaitu dengan memberikan nutrisi yang tepat baginya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *